Asal-Usul Kehidupan - #EVOLUSI1

Asal-Usul Kehidupan

     Pernah ga sih kalian berpikir bahwa kita ini asalnya dari mana yaaaa?  Bukan kita aja sih, tapi hewan juga asalnya dari mana? Itulah yang dipikirkan oleh Ilmuwan dari zaman dahulu loh! Ilmuwan-ilmuwan inilah yang banyak menyumbangkan ide mengenai asal-usul kehidupan kita ini.

1. Teori Abiogenesis atau Teori Generatio Spontanea

(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5ooNV3RYZILUY_bxE76pjhA8J_skhOmXlbgqifDMir71FPNAk00f9Ao7DiAVXr_Jz1uyFx5z9r11HkTZNvNuyCV-nM_av_7f3GXowJPX7GFKqvSQoNH_JeolYOai9IZN2d3DEocoTrPo/s320/aristoteles-portrait.png)


     Teori ini pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles (384-322 SM) dan berbunyi “Makhluk hidup berasal dari benda mati yang terjadi secara spontan karena adanya daya hidup”. Teori ini bertahan atau bisa dikatakan dianggap benar hingga abad ke-17.

(https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/19/Jan_Baptist_van_Helmont_portrait.jpg/220px-Jan_Baptist_van_Helmont_portrait.jpg)

   Seorang ahli fisika berkebangsaan Belgia, Jean Batiste van Helmont, melakukan penelitian mengenai teori abiogenesis ini. Beliau berpendapat bahwa tikus berasal dari dari biji gandum dan keringat manusia. Hal ini didasari oleh pengamatannya bahwa baju yang kotor bekas keringat disimpan dalam tempat penyimpanan gandum selama 20 hari akan menjadi tikus. Tikus terbentuk dari fermentasi gandum dan keringat manusia merupakan daya hidupnya. Bagaimana pendapat kalian tentang Teori Abiogenesis dan Percobaan van Helmont ini?

2. Teori Biogenesis

     Teori biogenesis ini lawan dari teori abiogenesis. Teori biogenesis menyatakan bahwa “kehidupan hanya berasal dari yang hidup pula”. Banyak ilmuwan yang melakukan percobaan untuk membuktikan teori biogenesis ini.

a. Percobaan Fransesco Redi

       Fransesco Redi, ilmuwan berkebangsaan Italia, merupakan salah satu ilmuwan yang menentang teori abiogenesis. Pada tahun 1668, beliau melakukan percobaan dengan menyediakan delapan toples yang sudah dibersihkan dan membaginya dengan empat toples yang masing-masing berisi daging ular, ikan, roti campur susu, daging sapi, serta toples tidak ditutup. Empat toples yang lainnya diisi dengan isi yang sama, namun ditutup rapat dan dilapisi dengan lilin.

       Setelah beberapa hari, pada toples yang terbuka terdapat larva atau ulat, sedangkan pada toples yang tertutup tidak terdapat larva atau ulat. Berdasarkan hasil penelitiannya ini, Fransesco Redi berkesimpulan bahwa ulat bukan berasal dari daging, tetapi berasal dari telur lalat yang terdapat pada daging dan menetas menjadi larva atau ulat.

       Akan tetapi, hasil penelitian Redi ini masih ditentang oleh penganut teori abiogenesis. Mereka menyatakan bahwa tidak terjadinya kehidupan di tabung yang tertutup karena daya hidup tidak dapat masuk. Akhirnya, Redi melakukan percobaan kedua dengan menutup toples dengan kain kasa. Hasilnya adalah pada daging tidak terdapat ulat, dan percobaan ini hanya meyakinkan bahwa lalat hanya berasal dari lalat. Namun, Redi tidak dapat menjelaskan bahwa cacing dan hewan tingkat rendah lain juga bukan terjadi karena adanya ke-spontan-an.



b. Percobaan Pasteur

    Louis Pasteur, ilmuwan kimia berkebangsaan Perancis, melakukan percobaan untuk meyakini penganut teori abiogenesis. Percobaan ini diawali dengan pembuatan larutan air kaldu rebusan daging sapi. Kemudian larutan tersebut ditempatkan pada labu yang berhubungan dengan udara luar dan dengan debu yang berasal dari udara. Setelah beberapa hari, ditemukan pertumbuhan mikroorganisme yang berlimpah.

    Pasteur, kembali melakukan percobaan kedua dengan menggunakan labu yang dilengkapi tabung berleher angsa yang diisi dengan air kaldu, kemudian dipanaskan, sehingga pada tabung terdapat cairan berasal dari uap udara dan debu yang  berasal dari luar yang terperangkap dalam uap air tersebut. Setelah beberapa hari, pada labu tidak terdapat mikroorganisme. Namun, apabila uap air yang terdapat dalam tabung dimasukkan ke dalam labu, maka di dalam labu terdapat mikroorganisme.

    Berdasarkan kedua percobaan yang dilakukan, Pasteur dapat membuktikan bahwa mikroorganisme banyak di udara. Makhluk hidup tidak berasal dari kaldu, sehingga percobaan ini mampu menggugurkan teori abiogenesis.



3. Teori Kreativitas (Teori Ciptaan Khusus)

      Sampai abad ke-19, ada yang menganut teori yang berbunyi bahwa “makhluk hidup diciptakan oleh kekuatan supranatural secara sekaligus atau dengan interval waktu tertentu”. Penciptaan setiap spesies terjadi secara terpisah. Hal ini merupakan sesuatu yang di luar keilmuan dan tidak berdasarkan hasil eksperimen.

4. Teori Kosmozoik

       Teori ini menyatakan bahwa “kehidupan di planet bumi berasal dari spora resisten planet di luar angkasa, karena keadaan planet di luar angkasa tersebut terjadi kekeringan dan suhu yang sangat dingin yang tidak memungkinkan kehidupan dapat bertahan”. Teori ini tidak didukung dengan keterangan bagaimana terjadinya makhluk hidup.

5. Teori Biokimia

    A. I. Oparin, J. B. S. Haldane,  dan Harold Urey mengemukakan bahwa “pada awal terbentuknya kehidupan di atmosfer, terdapat CH4, NH3, H2O. Sinar ultraviolet dari matahari dan panas dari gunung berapi  merupakan sumber energi yang membantu pembentukan senyawa organilk dari senyawa anorganik”. Pada masa awal pembentukan bumi, belum terdapat O2, hanya terdapat molekul-molekul organik yang baru disintesis dan terhindar dari oksidasi. Terakumulasi zat-zat organik yang bergabung menjadi senyawa kompleks di lautan dan bumi. Terjadi pemusnahan, penyerapanm dan subtitusi molekul tertentu pada zat organik, sehingga terbentuk membran dan akhirnya terbentuk makhluk hidup yang paling awal.

Jadi, bagaimana nih pendapat kalian mengenai teori-teori yang dikemukakan oleh para ilmuwan zaman dahulu ini? Ingat! Teori-teori di atas merupakan pendapat manusia, yang sifatnya dapat kalian percayai atau tidak. Jadikan semua sebagai pengetahuan untuk kita ya. Terimakasih sudah membaca materi ini^^ Mari kita evaluasi dengan mengerjakan beberapa soal di bawah ini yuuuuk…


Sumber Referensi:
Karmana, Oman. 2014. Biologi untuk Kelas XII. Bandung: Grafindo.


Soal Evaluasi
1. Teori abiogenesis pertama kali diungkapkan oleh…
        A. Fransesco Redi
        B. A. I. Oparin
        C. Charles Darwin
        D. Aristoteles
        E. Lamarck

2. Teori ini menyatakan bahwa kehidupan hanya berasal dari yang hidup, lalu diperkuat dengan percobaan yang mendapatkan kesimpulan  bahwa…
        A. Kucing berasal dari anak kucing
        B. Lalat berasal dari lalat
        C. Ulat berasal dari kepompong
        D. Ikan berasal dari telur ikan
        E. Orangutan berasal dari induk orangutan

3. Apa yang diteliti dalam percobaan labu leher angsa Pasteur…
        A. Mikroorganisme’
        B. Invertebrata
        C. Reptilia
        D. Tumbuhan
        E. Aves

4. Pada teori biokimia, yang menjadi sumber energi pembantu pembentuk senyawa organik dari senyawa anorganik adalah…
        A. Sinar X
        B. Sinar Inframerah
        C. Sinar Gamma
        D. Sinar Ultraviolet
        E. Sinar Alfa

5. Teori yang sama sekali tidak menjelaskan berdasarkan percobaan dan asal-usul kehidupan merupakan hal yang di luar nalar manusia adalah…
        A. Teori Kosmozoik
        B. Teori Naturalis
        C. Teori Kreativitas
        D. Teori Abiogenesis
        E. Teori Biogenesis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar